Mengenal lebih jauh Diabetes Melitus

25 Jan

Diabetes sudah dikenal sejak berabad-abad sebelum Masehi. Pada Papyrus Ebers di Mesir kurang lebih 1500 SM, digambarkan adanya penyakit dengan tanda-tanda banyak kencing. Kemudian Celsus atau Paracelsus kurang lebih 30 th SM juga menemukan penyakit itu, tetapi baru 200 tahun kemudian, Aretaeus menyebutnya sebagai penyakit aneh dan menamai penyakit itu diabetes, dari kata diabere yang berarti siphon atau tabung untuk mengalirkan cairan dari satu tempat ke tempat lain. Dia menggambarkan penyakit itu sebagai melelehnya daging dan tungkai kedalam urin. Cendekiawan India dan China pada abad ke 3 sampai dengan 6 Masehi juga menemukan penyakit ini, malah dengan menyatakan bahwa urin pasien-pasien ini rasanya manis. Tahun 1674 Willis melukiskan urin tadi seperti digelimangi madu dan gula. Oleh karena itu sejak itu nama penyakit itu ditambah dengan kata Mellitus (Mellitus=madu) yang pada makalah ini dieja menjadi mellitus. Ibnu Sina pertama kali melukiskan gangrene diabetic pada tahun 1000. Pada th 1889 Von Mehring dan Minkowski mendapatkan gejala diabetes pada anjing yang diambil pancreasnya. Kemudian akhirnya pada abad 20, tepatnya 1921 dunia dikejutkan dengan penemuan Insulin oleh seorang ahli bedah muda Frederick  Grant Banting dan Charles Herbert Best asistennya. Untuk penemuan itu pada th 1923 hadiah nobel diserahkan kepada mereka. Kemudian pada th 1954-1956 ditemukan tablet jenis Sulfonilurea yang dapat meningkatkan kadar insulin. Th 1969 ditemukan sulfonylurea generasi kedua yaitu Glibenclamid.

Dengan ditemukannya berbagai obat yang dapat mengatur kadar glukosa darah, komplikasi akut menjadi jarang timbul, hingga umur pasien diabetes umumnya jadi lebih panjang. Timbul persoalan baru yaitu komplikasi jangka panjang yang sebelumnya tidak dikenal.

Apakah diabetes itu ?

Jawaban yang sederhana atas pertanyaan diatas tidak dapat diberikan dengan tepat, tetapi dapat dikemukakan suatu jawaban yang agak umum yaitu, bahwa diabetes mellitus adalah suatu kumpulan gejala yang timbul pada seseorang yang disebabkan oleh karena adanya peningkatan kadar glukosa darah akibat kekurangan insulin baik absolute maupun relative. Untuk dapat memahami definisi itu lebih jelas, ada baiknya diterangkan terlebih dahulu apa yang terjadi pada orang yang tidak menderita diabetes atau normal.

Seperti suatu mesin, badan memerlukan bahan untuk membentuk sel baru dan mengganti sel yang rusak, disamping itu badan juga memerlukan energy supaya sel badan dapat berfungsi dengan baik. Energy pada mesin berasal dari bahan bakar yaitu bensin. Pada manusia bahan bakar itu berasal dari makanan yang kita makan sehari-hari, yang terdiri dari karbohidrat, protein dan lemak. Pengolahan makanan dimulai di mulai mulut, kemudian ke lambung dan selanjutnya ke usus. Didalam saluran pencernaan itu makanan dipecah menjadi bahan dasar dari makanan itu. Karbohidrat menjadi glukosa, protein menjadi asam amino dan lemak menjadi asam lemak. Ketiga zat makanan itu akan diserap oleh usus kemudian masuk kedalam pembuluh darah dan diedarkan ke seluruh tubuh untuk dipergunakan oleh organ-organ didalam tubuh sebagai bahan bakar. Supaya dapat berfungsi sebagai bahan bakar, zat makanan itu harus masuk dulu kedalam sel supaya dapat diolah, didalam sel, zat makanan terutama glukosa akan dibakar melalui proses kimia yang rumit, yang hasil akhirnya adalah timbulnya energy. Proses ini disebut metabolism. Didalam metabolism itu insulin memegang peran yang sangat penting yaitu bertugas memasukkan glukosa kedalam sel, untuk selanjutnya digunakan sebagai bahan bakar. Insulin adalah suatu zat atau hormone yang dikeluarklan oleh sel beta di Pankreas.

Pancreas

Pancreas adalah sebuah kelenjar yang letaknya dibelakang lambung. Didalamnya  terdapat kumpulan sel yang berbentuk seperti pulau pada peta, karena itu disebut pulau-pulau Langerhans yang berisi sel beta yang mengeluarkan hormone insulin, yang sangat berperan dalam mengatur kadar glukosa darah.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: